Corongonline.com-Konferensi Aturan dan Pemilihan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar,melahirkan keputusan empat Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) menarik diri dan tidak ingin dilibatkan dalam struktural dan kegiatan BEM FKIP termasuk Penyambutan Mahasiswa Baru (Maba) FKIP nanti.

Adapun empat HMJ yang menarik diri adalah HMJ English Departmen Students Association (EDSA), HMJ Matematika, HMJ Teknologi Pendidikan (Tekpen) dan HMJ PGSD.

Empat HMJ tersebut meminta agar dilakukan demokrasi melalui Pemilu Raya sebagaimana aturan yang telah ditetapkan oleh BEM Universitas.

Namun sistem Formatur ditetapkan secara sepihak oleh Steering yang dimandat oleh BEM FKIP. Yang membuat ke empat HMJ yang menarik diri semakin geram apatah lagi steering yang dimandati tidak aktif sebagai Mahasiswa di Unismuh Makassar dan juga tempat pelaksanaan pemilihan dilakukan di ruangan Wakil Dekan (WD) III FKIP. Selasa, 11 September 2018.

Hal tersebut membuat empat HMJ kesal dan tidak menerima keputusan sepihak Ketua BEM FKIP yang menerima WD III sebagai Ketua Panitia Penyambutan Mahasiswa Baru (Maba) FKIP.

sementara ada banyak Fakultas di Unismuh Makassar yang mengeluarkan sikap akan penolakan terhadap Penyambutan Mahasiswa Baru yang dikelola langsung oleh WD III dan menyatakan akan turun melakukan aksi penolakan.

“Jika pengalihan pengelolaan Penyambutan Mahasiswa Baru ini adalah kebijakan baru Pimpinan Unismuh Makassar, tentunya jelas bahwa kebijakan ini tidak pro terhadap Mahasiswa karena mematikan kreatifitas Mahasiswa, lalu mirisnya ini kemudian disepakati secara sepihak oleh Ketua BEM FKIP Unismuh Makassar. Dan jika kebijakan ini betul, dimana citra seorang WD III yang mengelola langsung kegiatan Mahasiswa?,” Tutur Adrian Adiwinata Alumni FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.

Baca Juga :  Cerita Duta Bahasa Berbakat Sul-sel dan Rentetan Prestasinya

Nasruddin perwakilan dari empat HMJ mengatakan, “keputusan kami dari empat HMJ sudah bulat untuk menarik diri dari BEM FKIP, itu mutlak dan tidak dapat di ganggu gugat,”

*

Comments

comments

loading...