Foto : By Kiki

Corongonline.com-Mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP) Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melaksanakan kegiatan seminar kehutanan pada Selasa, 19 Maret 2019 di Aula Pertemuan Desa Mattabulu, dengan tema “Peningkatan produksi, pengemasan dan pemasaran produk hasil hutan bukan kayu”, yang dibuka secara resmi oleh Jumaldi Bakri selaku Kepala Desa (Kades) Mattabulu.

Seminar Kehutanan ini dilakasanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang potensi melimpah yang ada disekitar hutan, terutama pada hasil hutan bukan kayu, karena daerah ini berada pada kawasan hutan lindung. Sasaran dalam kegiatan Seminar Kehutanan yaitu masyarakat petani hutan.

Ada tiga materi yang diberikan masyarakat dalam seminar ini yaitu, Peningkatan Produksi HHBK (Hasil Hutan Bukan Kayu) yang dibawakan oleh Muh. Sunandar dari (pihak UPT KPHL Unit XII Walanae), materi Pengemasan dan Pemasaran HHBK oleh Muh. Tahnur (Dosen Kehutanan Unismuh), serta materi Pengelolaan Konflik Kawasan Hutan oleh Sultan (Supervisor KKP Jurusan Kehutanan Kabupaten Soppeng).

“Kami berharap masyarakat disini lebih dapat mengelola potensi yang ada di desa, daripada keluar dari desa mengelola yang lain, karena pendapatan akan lebih besar dengan mengelola hasil hutan bukan kayu” ujar Sultan selaku pemateri.

Penulis : Corong’s Crew

Comments

comments

Baca Juga :  Cerita Duta Bahasa Berbakat Sul-sel dan Rentetan Prestasinya
loading...