Foto : By Zayn

Corongonline.com-Himpunan Mahasiswa Elektro Fakultas Teknik(HME-FT) Universitas Muhammadiyah (unismuh) Makassar melaksanakan Muhammadiyah Robot Competition (MRC) 2019 di Lantai 2 Gedung Menara Iqra Unismuh Bussines Center (UBC), Sabtu (23/03/19).

MRC 2019 ini adalah rangkaian dari MCB (Mindset Creativity Exhibition) yang merupakan program tahunan dari HME-FT. Dalam Kompetisi ini para Peserta memprogram robot melewati arena sepanjang 6×5 meter dengan batas waktu 3 menit yang garis rintangannya di desain langsung oleh panitia pelaksana (HME-FT).

Para peserta yang bersaing dalam kompetisi ini adalah Komunitas Robot dan perwakilan dari berbagai Perguruan Tinggi baik dari Makassar maupun luar Makassar, diantaranya Metafora (Komunitas), Univesrsitas Negeri Makassar, Universitas BOSOWA, Politik Hukum Negeri Ujungpandang, Universitas Muhammadiyah Pare-Pare.

Tidak hanya itu, tuan rumah juga mengutus dua tim (Al-Iqra dan Taxion) dalam kompetisi ini. Kedua tim tuan rumah berlatih selama satu minggu untuk mengikuti kompetisi ini dan selama proses latihan sempat trkendala dana.

saat ditemui repoter Corongonline.com, Kurniawan (Ketua Bidang Robotika HME-FT) mengungkapkan dalam dalam pembuatan robot membutuhkan banyak komponen.

“Seperti kita tau sendiri, merakit robot itu membutuhkan banyak komponen. Dan tidak semua komponen ini bisa di dapatkan di Makassar, beberapa harus dibeli dari luar dan tentu harganya tidak murah”. Ungkap Mahasiswa Elektro yang akrab di sapa Bawang.

Dalam lomba ini, para pemenang akan mendapatkan trophy serta uang tunai. Para pemenang diumumkan dari hasil penjurian, dimana juri terdiri dari 3 orang yaitu dosen UNM (Universitas Negeri Makassar), dosen UIN (Universitas Islam Negeri), Unhas (Universitas Hasanuddin) yang memang semuanya berkapasitas di bidang Robotika.

Kegiatan Muhammadiyah Robot Competition (MRC) 2019 dimenangkan oleh tim Metafora (Komunitas Robotik) di posisi pertama, tim Aritma Ampera di posisi kedua, tim 2k18Mekatronika UNM di posisi Ketiga.

Baca Juga :  Cerita Duta Bahasa Berbakat Sul-sel dan Rentetan Prestasinya

“Pertama tau kompetisi ini dari dosen dan disuruh berpartisipasi. Kalau saya sendiri kendalanya di program robotnya, kadang susah dikendalikan. Saya berlatih selama 2 minggu sebelum kompetisi ini berlangsung”. Ujar Nurul Izzah peraih Juara 3 dalam MRC2019.

Penulis: Tazzah Nurfalah

Comments

comments

loading...